Riwayat Perkembangan Direktorat Perencanaan ITB

  • Direktorat Perencanaan merupakan unit kerja pendukung dibawah koordinasi Wakil Rektor bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan¬†(WRURK), secara operasional mendukung peran-peran ITB dalam pengembangan bidang sains, teknologi dan seni seperti yang disebutkan diatas, dengan sasaran pengembangan organisasi dan manajemen dalam rangka terwujudnya good governance serta tersedianya sistem pengalokasian anggaran yang efektif.
  • Peran Direktorat Perencanaan, diwujudkan melalui pelaksanaan tugas-tugas sebagai berikut:
    1. Mengkoordinasi kegiatan perencanaan ITB secara terpadu dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk dokumen rencana strategis (jangka panjang) dan rencana tahunan (Rencana Kerja dan Anggaran) ITB
    2. Menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi rencana penyelenggaraan dan pengembangan ITB
    3. Mengembangkan dan mengimplementasikan sistem perencanaan ITB
    4. Menyelenggarakan kegiatan administrasi sistem perencanaan ITB termasuk pembuatan dan penyimpanan dokumen-dokumen perencanaan.
  • Dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas tersebut diatas, Direktorat Perencanaan memprakarsai Agenda Transformasi ITB 2001-2006 untuk perubahan dan penyempurnaan sistem kelembagaan ITB BHMN dengan motto bertahap, berjenjang, bersepakat dan berkelanjutan yang dibagi dalam empat tahap, yaitu: Awareness, Interest, Desire, dan Acceptance & Action (AIDA).
  • Masih dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas tersebut, sejak tahun 2002 Direktorat Perencanaan telah mengembangkan Sistem Informasi Perencanaan (SISPRAN) yang dioperasikan secara on-line oleh seluruh unit kerja di lingkungan ITB melalui suatu jaringan. Sistem ini digunakan untuk semua hal yang berhubungan dengan pelaksanaan program/kegiatan mulai dari tahap penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan, penyusunan rencana implementasi triwulanan, monitoring bulanan (penerbitan Formulir Realisasi Anggaran), dan evaluasi diri serta revisi Rencana Kerja dan Anggaran. Kesemua proses ini mengikuti jadwal atau siklus perencanaan yang telah ditetapkan. Melalui penerapan proses manajemen secara utuh, termasuk proses monitoring dan evaluasi, diharapkan dapat dilakukan peningkatan kinerja secara berkelanjutan. Melalui program I-MHERE pada tahun 2007/2008 telah diupayakan integrasi SISPRAN dengan sistem informasi dari unit kerja ITB lainnya (antara lain SILOG, SISKEU, SIPPM, dan SIRemunerasi)